Perbandingan Kekuatan Militer Indonesia vs Malaysia

3
1946

 Kekuatan Tempur Laut

Kekuatan militer Indonesia vs Malaysia
Kapal Perang Indonesia (Photo: pinterest.com)

Selain kekuatan tempur udara, faktor pendukung lain adalah kesiapan tempur di laut. Indonesia sebagai negara maritim dengan ribuan pulau dan pantai, perlu meningkatkan kekuatan maritimnya guna menjaga keutuhan NKRI.

TNI Angkatan Laut menjadi palang pintu pertahanan Indonesia di laut. Dengan moto Jalesveva Jayamahe (Di Laut Kita Jaya), semboyan ini membangkitkan semangat tanpa pamrih untuk menjaga keutuhan laut NKRI.

Indonesia memiliki dua kapal selam yakni KRI Cakra 401 dan KRI Naggala 402. Kedua kapal ini bertugas menjaga kedaulatan laut Indonesia dari serangan kapal asing. Kedua kapal ini merupakan produksi Jerman dan termasuk dalam tipe 209/1300 yang banyak dipakai angkatan laut negara-negara lain.

Saat ini Indonesia juga tengah bekerjasama dengan Korea Selatan dalam pembangunan tiga kapal selam lainnya. Tiga kapal ini akan ikut memperkuat kekuatan maritim Indonesia.

Indonesia juga memiliki 13 kapal perang jenis fregat (2 masih dalam perakitan), 20 kapal korvet, 15 kapal cepat rudal, dan 52 kapal patroli cepat.  

Selain itu, Indonesia memiliki 12 kapal penyapu ranjau, 1 kapal komando, 21 kapal amfibi pengangkut tank dan 4 kapal latih.

Malaysia juga memiliki dua kapal selam yakni Tunku Abdul Rahman dan Tun Abdul Razak. Kedua kapal perang ini baru dibeli dari Prancis pada 2007 silam. 

Negeri jiran ini juga mmeiliki 2 kapal jenis fregat, 6 kapal korvet, 6 kapal patroli, 14 kapal serang cepat, 3 kapal latih dan 4 kapal penyapu ranjau.

 

Kekuatan Tempur Darat

Pasukan terbaik dunia
Kopassus Indonesia (Photo: merdeka.com)

Kekuatan tempur TNI Angkatan Darat Indonesia tidak perlu diragukan lagi karena telah berpengalaman di berbagai konflik baik di dalam negeri maupun sebagai pasukan penjaga perdamaian untuk konflik-konflik di luar negeri.

Indonesia juga memiliki Kopassus (Komando Pasukan Khusus), salah satu pasukan elit terbaik dunia dan menjadi kerap menjadi juara umum kejuaraan menembak internasional.

Saat ini Indonesia memiliki 468 tank tempur dan 80 towed artillery. Adapun negeri jiran Malaysia diperkuat dengan 74 tank tempur dan 184 towed artillery.

Sumber : GlobalFirePower

Berikan Komentar Anda via Facebook

comments

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here