Masih 7 Tahun, Bocah ini Sudah Sukses Jadi Jutawan Berkat Sampah

0
19

ISIWAKTU.com – Memulai suatu bisnis tidaklah mudah, apalagi harus didukung dengan sumber daya modal yang besar. Hal inilah yang selalu jadi penghalang setiap orang yang ingin memulai bisnis.

Namun hal itu tidak berlaku bagi Ryan Hickman. Ya, bocah 7 tahun asal California, Amerika Serikat ini sudah sukses jadi jutawan di usianya yang masih sangat belia ini. Bahkan, dia juga sudah memiliki perusahaan sendiri yang diberi nama Ryan’s Recycling Company.

Aksi Ryan memungut sampah itu jadi viral di Facebook setelah videonya diunggah akun Viral Thread pada Rabu, 19 April 2017. Vieo itu kini sudah ditonton lebih dari 7,4 juta kali.

Dalam video itu dijelaskan jika perusahaan Ryan bergerak dibidang daur ulang sampah botol dan kaleng bekas. Usaha ini sudah dia rintis sejak berusia 3, 5 tahun. Ryan menjadi founder, CEO, manager sekaligus karyawan di perusahaannya itu.

Menurut ayah Ryan, Damion Hickman, ide awal bisnis anaknya itu bermula saat mereka berkunjung ke pusat daur ulang sampah di rePlanet California. Sejak saat itu Ryan mulai mengembangkan bisnisnya sendiri dengan mengumpulkan botol dan kaleng bekas dari para tetangga dan pelanggannya.

Kini, Ryan sudah mengumpulkan lebih dari 200.000 kaleng dan botol bekas. Berkat sampah itu, Ryan mampu meraih pendapatan kurang lebih 21.000 dolar Amerika atau setara Rp 280.000.000.

Orang tua Ryan ingin uang hasil kerja kerasnya itu ditabung untuk biaya kuliah. Namun dia bersikeras agar bisa untuk membeli sebuah truk sampah yang akan membantu pekerjaan dan bisnisnya.

Motivasi yang mulia

Profil Ryan Hickman
Profil Ryan Hickman (Foto : ocregister.com)

Ryan mengumpulkan sampah-sampah bekas sejak usia dini. Tak banyak yang tahu jika dia punya niat dan motivasi yang mulia dibalik semua aksinya itu.

Menurut Ryan, dia tidak ingin botol dan sampah sampai ke laut. Itu akan melukai binatang dan merusak lingkungan.

Seperti dilansir dari CNN, Ryan juga menyumbangkan lebih dari 3.700 dolar Amerika atau setara 49 juta rupiah kepada Pacific Marine Mammal Center yang menjadi tempat konservasi mamalia laut. Sumbangan itu berasal dari penjualan kaosnya.

Bagi Ryan, memulai bisnis tidaklah sulit. Intinya adalah kerja keras dan semangat pantang menyerah.

Dia juga mengajak anak-anak mudah untuk bisa mengikuti caranya memulai bisnis daur ulang. Dia ingin aksinya menginspirasi banyak anak untuk bisa menyelamatkan lingkungan mereka.

Selain aktif di lingkungannya, Ryan juga terlibat aktif di sekolah. Dia sering membantu Pak Jose, seorang petugas kebersihan yang bekerja di sekolah mereka.

Bahkan dia sudah sukses memberi teladan positif bagi teman-teman sekolahnya. Kini Ryan dibantu lima temannya sering membantu Pak Jose dalam mengurus sampah-sampah di sekolah.

Mendapatkan Banyak Pujian

Profil Ryan Hickman
Ryan Hickman (Foto : Inhabitat.com)

Aksi Ryan mendapatkan banyak pujian. Sebelumnya, pada Januari 2017, dia mendapatkan sumbangan 10.000 dolar Amerika atau setara 130 juta rupiah untuk perusahaannya itu.

Di media sosial, Ryan mendapatkan banyak pujian dari netizen. Mereka sangat terharu dengan motivasi Ryan yang bekerja untuk lingkungannya.

“Saya suka aksinya. Anak ini tidak perlu kuliah karena dia sudah tahu. Dia hanya membutuhkan peralatan yang tepat untuk melakukan yang dia ingin lakukan dan dorongan untuk melakukannya. Semoga sellau beruntung pengusaha muda yang luar biasa,” tulis akun Peter Larrabure.

“Anak ini punya masa depan yang cerah. Saya bisa melihat dia menjalankan sebuah bisnis besar! Terus lakukan pekerjaan yang baik,” komentar akun Jake Devenney.

Kendati mendapatkan banyak dukungan, orang tua Ryan tak ingin berbesar kepala. Mereka tidak mau dipandang sebagian orang sebagai orang tua yang memanfaatkan anak demi mendapatkan popularitas dan keuntungan.

Orang tua Ryan akan memberinya pilihan saat dia berusia 18 tahun, apakah kuliah atau mengelola bisnisnya.

Berikut video Ryan yang jadi viral di Facebook :

Sumber : Viral Thread
Credit foto : CNN

Berikan Komentar Anda via Facebook

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here